Sebelumnya | Daftar Isi | Feedback | Berikutnya

Handout

Handout adalah suatu naskah tulisan yang mendukung, mengembangkan, mengelola atau paling tidakmenyediakan tindak lanjut dari pelatihan. Selalu sangat penting bagi para peserta untuk menerima handout. Handout adalah sarana pelatihan yang berdayaguna karena, apabila disusun dan didisain dengan baik, menyediakan bantuan informasi yang diberikan selama sesi pelatihan dan tetap diingat oleh peserta untuk waktu yang lama.

Pada saat membuat handout untuk pelatihan paling baik untuk memikirkan tentang bagaimana handout tersebut dapat dipergunakan setelah pelatihan berakhir. Handout anda akan sangat berhasil apabila peserta dapat menggunakannya:

Alasan untuk memberikan Handout

Alasan utama untuk memberikan handout adalah:

Jenis-jenis handout

Presentasi atau transkrip-transkrip perkuliahan

Ini adalah sebuah transkrip verbatim dari kata-kata para pembicara. Seorang pembicara yang berpengalaman jarang membaca sebuah naskah tertulis, namun mereka membuat sesuatu untuk publikasi berdasarkan pada perkuliahan yang sering diberikan.

Catatan latar belakang

Catatan latar belakang dapat digunakan sesuai dengan berbagai metode penyampaian pelatihan. Catatan tersebut komprehensif dan catatan yang terinci tentang subyek yang dapat digunakan oleh kelas untuk menginformasikan latihan dan lokakarya atau untuk menambah sebuah perkuliahan apabila tidak cukup waktu untuk menjelaskan semuanya.

Seperangkat transparan OHP atau presentasi PowerPoint tercetak

Ini adalah suatu handout yang sangat cepat dan mudah untuk dibuat, terutama apabila tidak ada handout yang direncanakan sebelumnya. Namun, jenis handout ini cenderung tidak memiliki nilai yang berarti bagi orang yang tidak hadir pada perkuliahan tersebut.

Garis besar presentasi

Garis besar apa yang akan dicakup dalam perkuliahan dapat membantu para peserta untuk menyesuaikan diri selama sesi tersebut. Dapat juga merupakan bagian handout, tempat kosong untuk para peserta mengisi rinciannya dengan catatan mereka sendiri

Garis besar kursus

Garis besar kursus sesuai apabila pelatihan lebih dari sehari atau dua hari. Garis besar kursus ini menjelaskan kepada para peserta tentang subyek apa yang akan dicakup setiap hari.

Bibliografi

Bibliografi menyediakan sebuah daftar publikasi yang berguna kepada kelas mengenai latar belakang atau informasi lebih terinci mengenai topik-topik yang ada dalam pelatihan tersebut. Sebuah bibliografi yang baik akan disusun ke dalam seksi-seksi dan memberikan informasi yang lengkap tentang pengarang, penerbit, dan tanggal publikasi. Apabila ada waktu untuk membubuhi keterangan bibliografi tersebut, maka akan sangat membantu para peserta dalam menentukan bagaimana memfokuskan bacaan mereka.

Webliografi

Webliografi adalah sebuah daftar URL atau Wesite yang sesuai untuk subyek pelatihan. Meskipun tidak memungkinkan untuk membuat naskah tertulis dari webliografi, namun dapat lebih berguna dalam bentuk floopy disk atau CD, karena pengetikan dalam URL dari sebuah handout memerlukan waktu dan cenderung gagal. Seperti pada bibliografi, webliografi perlu dikelola dengan baik dan sangat berguna untuk memberikan keterangan. Website jauh lebih dinamis daripada publikasi naskah tertulis, sementara ini merupakan suatu kekuatan yang nyata, yang membantu para peserta untuk memperoleh akses informasi setiap menit yang juga berarti bahwa informasi tersebut dapat berubah atau hilang semuanya. Sangat penting bahwa anda memeriksa webliografi anda untuk selalu menjaga informasi tetap akurat.

Daftar kata

Suatu daftar kata adalah sebuah daftar istilah dengan definisi khusus untuk subyek, atau bidang keahlian tertentu. Biasanya disusun secara alfabet dan dapat tunjuk silang atau berdiri sendiri yang mencakup sinonim atau istilah luas dan istilah sempit. Meskipun ada daftar kata yang dipublikasi, namun sangat berguna untuk membuatnya sendiri sebagai referensi umum sehingga kelas anda mengetahui apa yang anda maksud apabila anda menggunakan istilah-istilah khusus.

Uraian singkat tentang riwayat hidup para instruktur dan para pembicara

Uraian singkat tentang riwayat hidup para instruktur dan para pembicara memberikan informasi kepada para peserta tentang pengalaman dan keahlian orang-orang yang memberikan pelatihan. Ini dapat membantu kelas untuk menyusun pertanyaan yang lebih berkaitan dan mengambil manfaat sepenuhnya dari keahlian instruktur tersebut.

Daftar peserta

Kebanyakan individu senang menerima sebuah daftar anggota kelasnya. Daftar tersebut biasanya disusun secara alfabet berdasarkan nama akhir dan paling tidak berisi nama dari pejabat organisasi. Tergantung dari persetujuan kelas, daftar peserta juga dapat berisi alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Program atau jadwal kegiatan

Sama halnya dengan garis besar kursus, program atau jadwal kegiatan pelatihan menginformasikan para peserta tentang subyek-subyek apa yang akan tercakup selama pelatihan. Jadwal kegiatan biasanya diberikan sebagai bagian dari publikasi pelatihan atau paling tidak sebagai materi pra-kursus, tetapi lebih baik memasukkannya sebagai handout seandainya peserta lupa membawanya.

Diagram

Diagram dapat memberikan ilustrasi atau catatan tentang subyek masalah dari setiap sesi pelatihan. Kadang bagian dari proses pembelajaran dapat tergantung pada kelas yang mengkopi diagram tersebut, tetapi sering lebih efektif untuk memberikan kelas sebuah kopinya.

Garis besar latihan, lokakarya, diskusi

Garis besar latihan memberikan instruksi tertulis untuk latihan, menjelaskan apa yang diinginkan oleh para instruktur terhadap kelas untuk melakukannya atau mendiskusikannya dan membuat cara feedback. Ini berarti anggota perorangan dari kelompok dapat merujuk pada garis besar ini untuk mengklarifikasi pemahaman mereka terhadap instruksi lisan. Handout ini juga dapat memberikan tempat bagi kelompok untuk menulis catatan untuk mereka sendiri dan menggunakannya sebagai dasar untuk respon mereka kepada kelas sebagai suatu keseluruhan.

Handout yang tidak lengkap

Handout yang tidak lengkap adalah catatan yang memberikan pedoman atau arahan untuk para peserta untuk mengisi secara terinci apa yang mereka pelajari dalam kelas selama presentasi, sebagai suatu latihan, untuk kembali ke tempat kerja, atau sebagai persiapan untuk pelatihan. Ini berguna untuk memberikan catatan yang lengkap di hari berikutnya.

Artikel yang bermanfaat

Artikel yang dipublikasi yang mendukung atau menambahkan sesi pelatihan dapat merupakan handout yang sangat bermanfaat yang tidak memerlukan banyak pekerjaan dari instruktur. Namun, pastikan untuk menjelaskan mengapa anda memberikannya dan pastikan anda tidak melanggar hak cipta.

Contoh-contoh dari dokumentasi yang ada di presentasi

Jenis handout ini terdiri dari kopi dokumen atau dokumen sampel yang sesuai untuk topik diskusi. Studi kasus dan presentasi tentang prosedur dan praktek khususnya memberikan berbagai macam jenis materi, seperti contoh-contoh kebijakan.

Ujian dan lembar kerja singkat

Lembar ujian dan jenis lembar kerja adalah handout yang dapat mendukung, memberikan pendahuluan, atau membantu sebuah perkuliahan, atau bahkan keseluruhan kursus tersebut. Handout ini dapat digunakan sebagai suatu latihan, sebagai suatu alat bagi peserta untuk mengevaluasi pengetahuan mereka sendiri sebelum dan sesudah sesi pelatihan. Pada bagian handout, selembar jawaban setelah latihan akan dapat membantu para peserta.

Kapan membagi handout

Penting untuk mendistribusikan handout pada waktu yang tepat. Apabila handout hanya berupa poin-poin judul dan dimaksudkan agar para peserta menambahkan catatan mereka sendiri, maka perlu diberikan di awal pelatihan. Apabila merupakan catatan lengkap, maka tergantung dari jenis kelas apakah harus diberikan di awal atau di akhir pelatihan. Apabila handout lebih menarik daripada presentasi, anda kemungkinkan akan kehilangan perhatian kelas kalau memberikannya di awal pelatihan. Sebaliknya, mungkin beberapa peserta mudah mengikuti pelatihan sambil membaca handout. Apabila handout didistribusikan di akhir pelatihan, maka anda akan menjelaskan kepada kelas bahwa rincian handout akan diberikan kemudian, dan mereka dapat duduk kembali dan menikmati presentasi tanpa perlu mencatatnya.

Jenis handout lainnya sesuai untuk awal dari kursus pelatihan yang lebih lama misalnya uraian singkat tentang riwayat hidup dan program instruktur. Dengan latihan, kerja kelompok, lokakarya, dan bahkan diskusi yang terfasilitasi, sebuah handout dapat membantu setiap individu untuk mulai dengan penjelasan yang ringkas apa yang mereka harapkan untuk dikerjakan dan memberikan kesempatan untuk membuat catatan tentang respon mereka.

Penting untuk memikirkan berapa banyak handout yang anda miliki, kapan handout akan diberikan kepada peserta, dan bagaimana melengkapinya. Dapat bermanfaat untuk memberikan kelas sebuah map sehingga mereka dapat mengumpulkan dan menyimpan handoutnya.

Bagian atas halaman
Sebelumnya | Daftar Isi | Feedback | Berikutnya

Last updated: 20 December 2005